Rencana Bisnis

Tips Memulai Bisnis Kuliner Di Masa Pandemi



Di masa pandemi yang sulit, membuat sebagian besar orang yang terdampak mencoba peruntungan lain demi melangsungkan kehidupan. Memulai usaha sendiri menjadi salah satu cara yang dipilih.

Bisnis kuliner terdengar cukup menjanjikan. Makanan dan minuman yang menjadi kebutuhan primer setiap insan membuat bisnis kuliner sangat sering diperhitungkan dalam memulai suatu usaha.

Namun, di masa pandemi memulai bisnis kuliner bisa menjadi medan yang cukup menantang karena kebiasaan “New Normal” harus ditetapkan. Tetapi, memulai bisnis kuliner di masa pandemi masih bisa dilakukan jika kamu memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Melakukan Sistem Pre-Order

Sistem pre-order pada bisnis kuliner sangat membantu bagi kamu yang masih baru terjun ke bisnis ini. Sistem pre-order memungkinkan kamu untuk menjaga jumlah makanan atau minuman yang kamu buat sesuai dengan jumlah pesanan yang kamu terima. Sistem ini dinilai cukup efektif untuk meminimalisir kerugian apabila kamu masih ragu-ragu saat memulai bisnis kuliner.

2. Perkuat Digital Marketing

Tidak dipungkiri sosial media memiliki peranan kuat dalam memasarkan produk apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan memperkuat digital marketing, khususnya sosial media marketing dapat membantu kamu untuk memasarkan bisnis kuliner kamu ke khalayak namun tetap minim budget.

3. Perhatikan Kemasan Delivery

Jika kamu melakukan bisnis kuliner melalui sosial media, bisnis kuliner yang kamu tawarkan pastinya menggunakan sistem delivery. Saat melakukan delivery produk ke pelanggan kamu harus memperhatikan setiap aspek penunjang seperti kemasan.

Gunakanlah kemasan yang efektif dan food-friendly agar makanan atau minuman yang kamu kirimkan ke konsumen tetap dalam keadaan baik dan aman.

4. Varian Menu Sehat

Di era Covid-19, orang-orang akan lebih selektif dengan makanan atau minuman apa yang akan masuk ke dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan variasi makanan dengan menu yang lebih sehat agar konsumen semakin tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Nah, itu dia Sobiz, beberapa tips yang bisa kamu perhatikan saat hendak memulai bisnis kuliner. Perlu diingat pula bahwa memulai bisnis diperlukan keuletan dan keseriusan agar bisnis kamu tetap sustain di masa mendatang.




Tags : kuliner bisniskuliner pandemi covid19 smartbisnis

Artikel terkait

8 Ide Bisnis Kecil Terbaik untuk Pengusaha Pemula

4 Rekomendasi Tontonan Untuk Belajar Bisnis


Contact Center : 1 500 250