Menjalankan Bisnis

Tips dan Trik Mengambil Foto Produk Apik Untuk Bisnis Online



Media sosial dan e-commerce menjadi salah satu “pasar” baru bagi para pebisnis yang ingin mempromosikan atau menjual produk yang mereka jual. Tidak dipungkiri, kedua platform ini menjadi alternatif populer yang digandrungi oleh target konsumen ketika mereka sedang mencari suatu produk.

Jika kamu mencari produk serupa dengan yang kamu jual di media sosial dan e-commerce, kamu akan menemukan segudang kompetitor dengan produk yang sama dan harga yang mungkin tidak jauh berbeda.

Oleh karena itu, kamu harus berpikir lebih kreatif untuk menimbulkan ketertarikan bagi target konsumen kamu. Hal pertama yang dapat menimbulkan ketertarikan adalah visual. Target konsumen akan terpaku dan semakin kepo dengan produk kamu, jika kamu memberikan tampilan yang estetika, dalam hal ini adalah foto produk.

Berikut trik dan tips foto produk yang estetik untuk bisnis online kamu.

1. Background

Sebelum memulai pengambilan foto produk, ada baiknya kamu memperhatikan background dari object yang akan kamu ambil. Untuk foto produk, lebih baik kamu menggunakan background berwarna putih untuk menonjolkan produk yang kamu jual dengan lebih baik.

Jika produk yang kamu tawarkan tidak besar, kamu bisa menggunakan mini studio sebagai background produk kamu. Mini studio memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan penyewaan studio sungguhan, selain itu mini studio cukup compact sehingga mudah disimpan.

2. Sediakan Tripod

Saat ini tripod tidak hanya tersedia untuk jenis kamera besar tetapi juga tersedia untuk smartphone. Tripod juga sangat mudah didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Penggunaan tripod dapat membantu kamu mendapatkan foto produk yang lebih fokus, bagus dan stabil.

3. Lighting

Apa jadinya jika foto produk kamu gelap dan tidak terlihat? Tentu saja target konsumen kamu akan malas untuk menengok ke toko atau sosial media kamu. Oleh karena itu, pencahayaan menjadi hal yang penting dalam pengambilan foto produk.

Pencahayaan terbagi atas dua macam yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan alami yaitu cahaya dari sinar matahari, sedangkan pencahayaan buatan yaitu sistem pencahayaan yang bisa didapatkan dari ring light, dan lain-lain.

Kedua pencahayaan ini memiliki hasil yang bagus. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal dan natural, cahaya matahari masih menjadi yang terbaik.

4. Konsep/ Tema Foto

Foto produk yang terkonsep atau memiliki “cerita” lebih menarik jika dibandingkan dengan foto biasa. Buatlah konsep atau tema foto yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Pembuatan konsep ini bisa disesuaikan dengan dekorasi atau warna yang digunakan.

Sebagai contoh, jika kamu berjualan produk kue kering kamu bisa menambahkan aksesoris seperti rolling pin, telur, tepung, dan lain-lain.

5. Teknik & Angle

Pengambilan foto produk tidak harus melulu dari depan, lho! Kamu bisa mencoba teknik-teknik dan angle pengambilan foto yang lain. Kamu bisa mengambil gambar dari samping, dari bawah, menggunakan teknik flat lay, teknik fokus, dan lain sebagainya. Intinya adalah tajamkan insting kreatifitas kamu.

Mengambil foto produk mungkin terlihat rumit, namun jika kamu sudah mengetahui pola serta cara yang pas, pengambilan foto tidak akan terasa sulit lagi. Perlu selalu diingat bahwa ada banyak ikan di laut, jika kamu tidak bisa menunjukan perbedaan dari sisi kreatifitas visual, bisnis online kamu akan menjadi susah untuk terlihat.




Tags : bisnisonline bisnis fotoproduk fotoproduk2020 tipsfotoproduk smartbisnis

Artikel terkait

UMKM Ingin Naik Kelas ? Harus Adaptasi 5 Platform Digital Ini

Ciri Lokasi yang Menjanjikan Untuk Berinvestasi Properti


Contact Center : 1 500 250