Rencana Bisnis

Strategi Mengubah Hambatan Menjadi Harapan Dalam Berbisnis di Era Covid-19



Era pandemi Covid-19 membuat kita semua untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Tidak hanya dalam hal berkomunikasi dan berinteraksi yang terbatasi. Para pelaku usaha juga mengalami penyesuaian dalam berbisnis agar tetap bisa bertahan dan berkembang.

Covid-19 merupakan hambatan yang dirasakan semua orang, namun masih bisa diubah menjadi sebuah harapan, apalagi bagi para pebisnis.

Berikut strategi mengubah hambatan menjadi harapan dalam berbisnis di era Covid-19.

1. Komunikasi

Komunikasi yang terbatas bukan berarti menjadi penghalang untuk tetap berhubungan baik dengan semua unsur penting dalam berbisnis. Tetap bangunlah komunikasi yang harmonis dengan stakeholder anda seperti karyawan, partner, dan investor.

Diskusikan secara bersama mengenai strategi bisnis yang akan dijalankan di masa mendatang untuk mencapai tujuan bersama. Libatkan semua pihak agar tetap terjalin hubungan yang baik.

2. Berkreasi Dengan Produk Baru

Membuat atau menambahkan lini produk baru yang relevan dengan kondisi dan kebutuhan pasar di masa pandemi Covid-19. Pembuatan produk baru ini bisa anda lakukan dengan menggunakan sumber bahan baku produk yang sudah ada sehingga anda tidak perlu merogoh kocek baru.

Pembuatan produk baru yang relevan ini juga bisa memberikan kesan positif terhadap brand anda.

3. Pemasaran Online.

Melakukan pemasaran secara online seperti melalui sosial media dapat memperluas jangkauan target pasar anda. Di masa pandemi Covid-19, peranan sosial media dinilai amat penting untuk meningkatkan revenue bisnis yang terhambat keterbatasan sosial.

4. Integrasi Omni-channel

Berkaitan dengan pemanfaatan sosial media, anda bisa mulai mengoptimalkan omni-channel dengan mengintegrasikan aktivitas bisnis pada toko online dengan meningkatkan interaksi, membuat konten yang fun dan interaktif.

Dengan melakukan hal tersebut, anda bisa perlahan mulai mendapatkan hati target audience untuk mencari informasi terkait produk anda, melakukan pembelian, atau bahkan membantu memasarkan produk anda secara passive.

Nah, itu dia strategi-strategi yang bisa anda lakukan untuk mengubah hambatan yang ada menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan di masa pandemi Covid-19. Proses adaptasi memang tidak mudah, namun jika anda tetap berkreasi dan melihat segala sesuatu lebih luas bukan tidak mungkin usaha anda bisa bangkit di masa sulit.


 




Tags : bisnis umkm covid19 strategi bisnis peluang bisnis rencana bisnis ukm smartbisnis

Artikel terkait

4 Tips Copywriting Agar Bisnis Cepat Closing

Strategi Mengidentifikasi Pesaing Agar Bisnis Tetap Bersaing


Contact Center : 1 500 250