Peluang Bisnis

Skill-Skill yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM



UMKM memiliki kekuatan dan pengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia. Tapi dibalik UMKM yang besar dan kuat, tentunya ada pelaku UMKM juga yang luar biasa dalam mengembangkan usahanya. Berikut adalah skill-skill yang wajib dimiliki oleh pelaku UMKM agar mampu mendorong usaha jadi makin sukses:


1. ) Skill Manajemen Keuangan/Akuntansi dasar : Menjadi pemilik usaha artinya sobat harus memahami ilmu dasar akuntansi dan keuangan. Pastikan Anda mencatat semua transaksi keuangan bisnis dan mengawasi arus kas binsnis. Akan lebih baik jika Anda memiliki catatan berbentuk digital agar lebih efisien dan aman.
2.) Skill Marketing : Pemasaran produk memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Tanpa adanya strategi pemasaran yang jitu tentu bisnis tak dapat berkembang dengan pesat. Cobalah menerapkan sistem penjualan bundling, diskon atau promo.
3.) Skill Brand Building : Brand building merupakan investasi jangka panjang dan merupakan keseluruhan proses membangun daya saing untuk menghasilkan value terbaik terhadap konsumen meliputi layanan pelanggan, penjualan, proses bisnis internal, SDM dan manajemen keuangan.
4.) Skill Komunikasi : Komunikasi merupakan salah satu hal penting dalam membangun sebuah relationship terutama dengan pelanggan. Komunikasi yang baik dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dan dapat membawa pelanggan menjadi loyal terhadap produk yang Anda tawarkan.
5.) Skill Manajemen waktu : Waktu merupakan sumber daya berharga bagi pelaku usaha, mengalokasikan jumlah waktu yang tepat untuk tugas sangat penting untuk menjaga bisnis Anda berjalan lancar.

Dari beberapa penjelasan skill-skill di atas, tidak lupa juga bahwa adaptasi terhadap perkembangan teknologi itu penting apalagi hal tersebut dapat mengembangkan usahanya agar semakin maju.
Sobat bisa memanfaatkan Aplikasi Sakoo untuk mengelola toko online maupun offline. Selain itu sobat juga bisa mendapatkan laporan penjualan yang lebih terstruktur, laporan data pelanggan, laporan data pesanan yang masuk dan laporan analisa bisnis yang lengkap (meliputi produk terlaris, penjualan terbaik, dll)
#umkm #skill #skillumkm #sakoo #ukmindonesia




Tags : bisnis ukm artikel bisnis ide bisniss bb

Artikel terkait

Warna-Warni Keuntungan Dari Bisnis Ikan Cupang

Tips Membuat Suasana Kantor Menjadi Nyaman Dan Produktif


Contact Center : 1 500 250