Memulai Bisnis

Mulai Bangun Usaha Pengolahan Kertas Semen Yang Stabil Dengan Pinjaman Modal Dari Smartbisnis



Kepedulian terhadap lingkungan ternyata bisa berbuah manis dan mendatangkan laba. Rasa peduli itu bisa Sobiz wujdukan berupa mengolah kertas kantong semen bekas menjadi kerajinan berupa aneka tas, dompet, tikar, dan sarung ponsel. Siapa sangka bahwa bisnis yang membutuhkan ketelatenan ini mampu mendatangkan omzet dari Rp 8 juta hingga Rp 12 juta per bulan.

 

Marcelina, perempuan asal Bandung, Jawa Barat, telah melakukan pengolahan kertas semen sejak 10 tahun lalu. Marcelina menyulap kertas-kertas semen itu menjadi aneka tas dan dompet. Buah ketekunan Marcelina mengolah kertas semen itu mampu mendulang omzet Rp12 juta per bulan.

Marcelina menjual produknya untuk semua kalangan. Harganya terjangkau, mulai dari Rp20.000 hingga Rp500.000 per item. Setiap hari, ia menjual 100 item. Bahkan permintaan bisa naik 20% saat musim liburan, atau menjelang hari raya jumlah pesanan semakin banyak. Untuk mendapat bahan baku, Marcelina membeli kertas semen sepanjang 30 meter dari pemulung seharga Rp1.000.

 

Marcelina dan lima karyawan biasanya memproduksi 20 buah tas belanja ukuran sedang setiap hari. Caranya, dia memotong kertas terlebih dahulu dan memilin hingga membentuk tali ukuran 1 cm, 2 cm, hingga 3 cm. Setelah itu, Marcelina merendam bahan di dalam air yang berisi campuran bahan daun jambu, kulit kayu mahoni, daun mahoni, dan lain lain-lain.  Setelah perendaman usai, kertas menjadi berwarna, bertekstur lembut, dan tidak kaku. Pemakaian pewarna alami sangat penting karena pewarna kimia bisa membuat kertas menjadi hancur.

 

Bisnis pengolahan kertas semen bisa menjadi sangat menguntungkan tergantung kreativitas yang Sobiz miliki untuk menyulap kertas semen menjadi barang barang yang unik. Tertarik mencoba namun tidak memiliki modal sama sekali?

 

Jangan khawatir, karena Smartbisnis bisa menjawab pertanyaan itu. Bergabunglah dengan komunitas Smartbisnis dan nikmati berbagai keuntungannya. Salah satunya melalui program pinjaman modal mudah yang bisa Sobiz manfaatkan untuk memulai atau mengembangkan bisnis pengolahan kertas semen.

 

Cara meminjamnya cukup mudah dan aman. Sobiz hanya perlu mengikuti program kemitraan dari Smartbisnis yang telah didukung oleh salah satu BUMN yaitu PT Telkom Indonesia melalui Bantuan Pinjaman Program Kemitraan CDC Telkom yang tidak mengenal bunga. Sedangkan lama pinjaman hingga 2 tahun.

 

Besar jaminan tergantung dari jumlah pinjaman yang diajukan oleh Sobiz sebagai pemohon dan disetujui oleh Telkom. Untuk pinjaman <20 juta, tidak perlu menyertakan jaminan, sedangkan untuk pinjaman >20 juta disyaratkan menyerahkan jaminan sesuai ketetapan Telkom. Program pinjaman online ini sangat aman karena diawasi langsung oleh Perusahaan Telekomunikasi terbesar di Indonesia yaitu PT Telkom Indonesia Tbk. Sehingga pinjaman jadi lebih aman dan menguntungkan.

 

Jadi tunggu apalagi? Bergabunglah bersama kami dan kunjungi www.smartbisnis.id untuk informasi lebih lanjut.




Tags : Kertas semen modal usaha smartbisnis tas dompet tikar sarung ponsel

Artikel terkait

Bisnis Furniture Digandrungi Millennial

Kini QRIS Bisa Menjadi Transaksi Digital di 4 Negara ASEAN.


Contact Center : 1 500 250