Mengembangkan Bisnis

Kopi Kenangan Berhasil Jadi Unicorn Bisnis F&B Pertama di Asia Tenggara



 

Kopi Kenangan, Bisnis F&B berbasis startup ini resmi menyandang status Unicorn usai mendapatkan suntikan Pendanaan Seri C Tahap Pertama senilai $96 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun yang dipimpin oleh Tybourne Capital Management, Horizon Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru mereka yaitu Falcon Edge Capital.

Kopi Kenangan pertama kali didirikan di tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto. Kopi Kenangan ini dibuat karena Edward dan James sebagai pecinta kopi ingin memperkenalkan kekayaan kopi Indonesia ke kancah dunia. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, mereka melakukan misi untuk mulai pengenalan Kopi Kenangan ke pasar Asia. 

Saat ini, Kopi Kenangan sudah memiliki 600 gerai kopi yang tersebar di 45 kota di Indonesia dengan melibatkan 3000 orang pekerja. Pada tahun 2020, Kopi Kenangan telah melayani 30 juta cangkir kopi dengan rata-rata 2,5 juta cangkir setiap bulannya.

Edward Trinata selaku CEO dari Kopi Kenangan mengklaim bahwa perusahaan ini berhasil menjadi perusahaan New Retail F&B Unicorn pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selanjutnya, Edward mengatakan bahwa pendanaan baru ini membuat Kopi Kenangan semakin mengukuhkan posisinya sebagai brand dengan permintaan domestik paling tinggi. Dan, melalui pendanaan baru ini Kopi Kenangan berencana untuk mempercepat bisnis lainnya seperti Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis ke seluruh Indonesia, dan memperluas jaringan Kopi Kenangan ke pasar Internasional.




Tags : Smartbisnis Bisnis Kopi Kopi Kenangan Unicorn Bisnis Unicorn Startup Indonesia Bisnis Sukses Kisah Sukses Inspirasi Bisnis

Artikel terkait

Prinsip 6M Dalam Berwirausaha Yang Harus Dipahami

Kumpulan Kuliner Hits Untuk Jadi Ide Usaha Kuliner


Contact Center : 1 500 250