Peluang Bisnis

Dampak Corona, Begini Tips Beralih Ke Bisnis Online



Pandemik COVID-19 membuat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk masyarakat agar mengurangi kegiatan di luar rumah dan membatasi kedekatan fisik dengan orang lain atau yang saat ini dikenal dengan nama Physical Distancing.

Himbauan ini memiliki dampak signifikan terutama pada perekonomian masyarakat. Karyawan-karyawan yang terkena cut-off dan pelaku bisnis yang mengalami kerugian dan kemunduran hingga terpaksa harus menutup usahanya.

Untuk mengalami permasalahan ini, bidang bisnis yang sebelumnya hanya berfokus pada bisnis offline mulai melakukan ekspansi bisnis secara online. Hal ini dilakukan agar bisnis dapat beradaptasi dengan kondisi ini.

Sebelum anda langsung terjun ke bisnis online, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tips-tips beralih dari bisnis offline ke bisnis online.

1. Riset Pasar

Sama seperti pada saat pertama anda memutuskan untuk membuat sebuah bisnis, riset pasar juga diperlukan saat anda ingin mulai mengalihkan bisnis yang sudah ada ke pasar online.

Riset pasar ini penting dilakukan agar anda bisa mengetahui informasi demografis, keinginan konsumen sasaran, hingga prospect dari bisnis anda kedepannya.

Riset ini bisa dimulai dengan bertanya ke pada pelanggan di toko atau melakukan survey secara online untuk mendapatkan data yang lebih banyak dan beragam.

Anda juga bisa memberikan reward kepada pengisi survey agar mereka tertarik sekaligus melakukan promosi awal. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, bukan?

2. Pemanfaatan Sosial Media

Kita semua tau seberapa besarnya peran sosial media pada saat ini. Tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan atau senang-senang, sosial media juga bisa menjadi sarana penting untuk memasarkan produk anda.

Banyak sosial media yang bisa anda manfaatkan, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, LinkedIn, Pinterest, dan lain sebagainya. Anda bisa mulai memilih sosial media yang cocok dengan profil bisnis anda.

3. Mulai Berjualan Di E-Commerce

E-Commerce juga bisa menjadi salah satu wadah baru untuk memanfaatkan bisnis anda secara online. Melalui E-Commerce anda bisa menjualkan produk anda dengan mudah dan berbagi promosi dengan konsumen anda.

Perlu anda ketahui, berjualan secara online mendapatakan rating dan review yang positif sangat berpengaruh terhadap toko online.

Mulailah membuat akun di E-Commerce dan bangun kepercayaan pada konsumen anda agar mereka memberikan rating dan review yang positif terhadap toko online anda.

4. Buat Konten Menarik

Konten yang menarik secara isi dan visual dapat meningkatkan ketertarikan pelanggan atau pun calon pelanggan terhadap produk yang anda jual. Anda bisa memberikan promo, mengadakan kuis kecil-kecilan, atau membuat sebuah tampilan di sosial media yang menarik adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

Nah Sobiz, itulah tips-tips beralih ke bisnis online yang bisa anda mulai lakukan. Untuk mendukung kegiatan bisnis online tersebut anda memerlukan internet cepat agar bisnis anda tetap lancar.

Yuk mulai mendaftar High Speed Internet di https://smartbisnis.id/solusi-bisnis/indihome, Sobiz!




Tags : bisnis bisnisonline online peluangusaha peluangbisnis HSI

Artikel terkait

Tips Membuat Suasana Kantor Menjadi Nyaman Dan Produktif

Tips Menerima Kritik dan Saran Dari Pelanggan


Contact Center : 1 500 250